Kenapa Saat Mau Diperiksa Kolesterol Harus Puasa Dahulu ? Ini Jawabannya

Kenapa Saat Mau Diperiksa Kolesterol Harus Puasa Dahulu ? Ini Jawabannya

Kenapa Saat Mau Diperiksa Kolesterol Harus Puasa Dahulu – Sebelum kita menjawab mengenai pertanyaan diatas, alangkah baiknya kita ketahui dahulu apa itu kolesterol baik dan kolesterol jahat. Berikut penjelasannya.

Kenapa Saat Mau Diperiksa Kolesterol Harus Puasa Dahulu ? Ini Jawabannya

Kolesterol Baik 

High-density lipoprotein HDL (high-density lipoprotein), atau kolesterol “baik”  dikenal sebagai kolesterol “baik” karena membantu menghilangkan bentuk kolesterol lain dari aliran darah Anda. Tingkat kolesterol HDL yang lebih tinggi terkait dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

Kolesterol adalah zat berlilin yang ditemukan di semua sel Anda dan memiliki beberapa fungsi yang berguna, termasuk membantu membangun sel-sel tubuh Anda. Ini dibawa melalui aliran darah Anda yang menempel pada protein. Protein ini disebut lipoprotein

Kolesterol Jahat

Sedangkan untuk Kolesterol Jahat Disebut LDL (low-density lipoprotein) , kadang-kadang disebut kolesterol “jahat” Sebab membentuk sebagian besar kolesterol tubuh Anda menjadi plak yang memblokir aliran darah untuk disalurkan. Tingginya kadar kolesterol LDL meningkatkan risiko Anda untuk penyakit jantung dan stroke.

Jika dibiarkan maka sangat berbahaya sekali jika kolesterol jahat ditubuh sudah menjadi plak dan memblokir semua aliran darah di tubuh. Untuk Itu kita harus segera mengatasinya. Untuk mengobatinya Anda bisa Klik Link berikut Ini : Obat Kolesterol Terbaik

Kembali lagi ke pembahasan.

Sebenarnya untuk mengecek atau memeriksa kolesterol tidak perlu puasa terlebih dahulu sebab puasa hanya perlu dilakukan untuk mengecek kadar trigliserida. Namun karena pemeriksaan yang dilakukan biasanya satu paket, maka disyaratkan berpuasa selama 12-14 jam sebelum dilakukan pemeriksaan.

Mengapa harus puasa ?

“Sebelum periksa kolesterol memang diharuskan puasa. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan pengukuran akibat adanya pengaruh dari lemak yang baru dikonsumsi,” kata dr Djoko Maryono DSDP, DSJP, FIHA, FACC, spesialis penyakit dalam dan penyakit jantung dari RS Pondok Indah dan RS Pertamina ketika dihubungi detikHealth, Rabu (8/8/2012).

Nah itulah jawaban mengenai “kenapa pemeriksaan kolesterol harus berpuasa terlebih dahulu.  Semoga artikel ini bisa membantu pertanyaan yang selama ini bapak ibu pertanyakan.

Jika Artikel ini bermanfaat, jangan lupa share ke MEDSOS agar semakin orang yang tahu mengenai hal ini. Untuk informasi menarik lainnya bisa Anda bisa kunjungi website kami Di Obat Kolesterol Terbaik.

Baca Juga : Walatra Green Coffee

Kenapa Saat Mau Diperiksa Kolesterol Harus Puasa Dahulu ? Ini Jawabannya

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.