Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh

Apa itu kolesterol?

Beginilah Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh – Untuk memahami kolesterol darah tinggi (ko-LES-ter-ol), ada baiknya belajar tentang kolesterol. Kolesterol adalah zat berlemak dan berlemak seperti lemak yang ditemukan di semua sel tubuh.

Tubuh Anda membutuhkan beberapa kolesterol untuk membuat hormon, vitamin D, dan zat yang membantu Anda mencerna makanan. Tubuh Anda membuat semua kolesterol yang dibutuhkannya. Namun, kolesterol juga banyak ditemukan pada makanan yang Anda makan.

Kolesterol bergerak melalui aliran darah Anda dalam kemasan kecil yang disebut lipoprotein (bibir-o-PRO-remaja). Paket ini terbuat dari lemak (lipid) di bagian dalam dan protein di bagian luar.

Dua jenis lipoprotein membawa kolesterol ke seluruh tubuh Anda: low-density lipoproteins (LDL) dan high-density lipoproteins (HDL). Memiliki tingkat sehat dari kedua jenis lipoprotein itu penting.

Kolesterol LDL kadangkala disebut kolesterol “jahat”. Tingkat LDL yang tinggi menyebabkan penumpukan kolesterol di arteri Anda. (Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke tubuh Anda.)

Kolesterol HDL kadangkala disebut kolesterol “baik”. Hal ini karena ia membawa kolesterol dari bagian lain tubuh Anda kembali ke hati Anda. Hati Anda menghilangkan kolesterol dari tubuh Anda.

Apa itu Kolesterol Darah Tinggi?

Kolesterol darah tinggi adalah kondisi dimana Anda memiliki terlalu banyak kolesterol dalam darah Anda. Dengan sendirinya, kondisinya biasanya tidak memiliki tanda atau gejala. Dengan demikian, banyak orang tidak tahu bahwa kadar kolesterol mereka terlalu tinggi.

Orang yang memiliki kolesterol darah tinggi memiliki kesempatan lebih besar terkena penyakit jantung koroner , juga disebut penyakit arteri koroner. (Dalam artikel ini, istilah “penyakit jantung” mengacu pada penyakit jantung koroner.)

Semakin tinggi tingkat kolesterol LDL dalam darah Anda, semakin besar kesempatan Anda terkena penyakit jantung. Semakin tinggi tingkat kolesterol HDL dalam darah Anda, semakin rendah kesempatan Anda terkena penyakit jantung.

Penyakit jantung koroner adalah kondisi di mana plak (plak) terbentuk di dalam arteri koroner (jantung). Plak terdiri dari kolesterol, lemak, kalsium, dan zat lain yang ditemukan di dalam darah. Saat plak terbentuk di arteri, kondisinya disebut aterosklerosis (ATH-er-o-skler-O-sis).

Aterosklerosis

Figure A shows the location of the heart in the body. Figure B shows a normal coronary artery with normal blood flow. The inset image shows a cross-section of a normal coronary artery. Figure C shows a coronary artery narrowed by plaque. The buildup of plaque limits the flow of oxygen-rich blood through the artery. The inset image shows a cross-section of the plaque-narrowed artery.

Gambar A menunjukkan lokasi jantung dalam tubuh. Gambar B menunjukkan arteri koroner normal dengan aliran darah normal. Gambar inset menunjukkan penampang arteri koroner normal. Gambar C menunjukkan arteri koroner yang disipit oleh plak. Penumpukan plak membatasi aliran darah kaya oksigen melalui arteri. Gambar inset menunjukkan penampang arteri plak yang menyempit.

Seiring waktu, plak mengeras dan menyempitkan arteri koroner Anda. Ini membatasi aliran darah kaya oksigen ke jantung.

Akhirnya, area plak bisa pecah (break open). Hal ini menyebabkan gumpalan darah terbentuk di permukaan plak. Jika gumpalan menjadi cukup besar, sebagian besar bisa atau seluruhnya menghalangi aliran darah melalui arteri koroner.

Jika aliran darah kaya oksigen ke otot jantung Anda berkurang atau tersumbat, angina (an-JI-nuh atau AN-juh-nuh) atau serangan jantung bisa terjadi.

Angina adalah nyeri dada atau ketidaknyamanan. Mungkin terasa seperti tekanan atau meremas di dada Anda. Rasa sakit juga bisa terjadi di bahu, lengan, leher, rahang, atau punggung. Nyeri Angina bahkan mungkin terasa seperti gangguan pencernaan.

Serangan jantung terjadi jika aliran darah kaya oksigen ke bagian otot jantung terputus. Jika aliran darah tidak pulih dengan cepat, bagian otot jantung mulai mati. Tanpa pengobatan cepat, serangan jantung bisa menimbulkan masalah serius atau kematian.

Plak juga bisa terbentuk di arteri lain di tubuh Anda, seperti arteri yang membawa darah kaya oksigen ke otak dan anggota badan Anda. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti penyakit arteri karotid , stroke , dan penyakit arteri perifer .

Menurunkan kolesterol Anda bisa memperlambat, mengurangi, atau bahkan menghentikan penumpukan plak di arteri Anda. Hal ini juga dapat mengurangi risiko pecahnya plak dan menyebabkan pembekuan darah yang berbahaya

Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh

  • Membantu pembuatan hormon
  • Membantu pembentukan vitamin D
  • Membantu penyerapan lemak
  • Membantu penyerapan kalsium
  • Memperlancar metabolisme tubuh
  • Membantu menjaga keseimbangan garam
  • Membantu menjaga keseimbangan garamMenguatkan membran sel
  • Membantu membangun kekebalan tubuh
  • Membantu pembentukan sel otak
  • Membantu proses biokimia dalam tubuh
  • Membantu pencernaan dalam usus kecil
  • Menjaga kebersihan pembuluh darah arteri
  • Membantu mengurangi gejala aterosklerosis
  • Mengurangi pembentukan bekuan darah
  • Melindungi kulit dari sinar UV
  • Baca Juga Obat Kolesterol

Manfaat Kolesterol Untuk Tubuh

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *