Ko Bisa Kolesterol Naik Saat Puasa

Ko Bisa Kolesterol Naik Saat Puasa – Pada dasarnya orang puasa itu bisa menurunkan kadar kolesterol, tetapi kok sebagian dari kita ternyata banyak orang yang kolesterolnya naik. Apa yang terjadi sebenarnya ?

Nih setelah melakukan beberapa penelitian mengenai tingginya kolesterol tinggi saat puasa ternyata di bawah ini adalah faktor yang sangat mempengaruhi naiknya kolesterol.

Sebelum kita membahas penyebab naiknya kolesterol saat puasa. Barang kali dari beberapa pembaca masih ada yang tidak mengetahui apa itu kolesterol.

Apa Itu Kolesterol.

Kolesterol adalah zat lemak yang ada di dalam darah terbentuk oleh hati kita, ada juga kolesterol dari makanan yang kita makan sehari-hari. Ternyata kolesterol itu di bagi menjadi 2 bagian yaitu kolesterol LDL dan kolesterol HDL.high-density lipoproteins

  • Kolesterol LDL (kolestrol jahat) atau low-density lipoproteins
  • Kolesterol HDL (kolesterol baik)  high-density lipoproteins

Bahaya Kolesterol

Memiliki kolesterol tinggi sesungghnya sangat berbahaya sekali, mengapa ? Karena kolesterol dalam darah dapat membuat plak di arteri (pembuluh darah) jika hal ini terjadi di otak maka dapat berdampak sangat buruk seperti stroke, dan jika terjadi penyumbatan akibat kolesterol yang merngeras di jantung maka besar kemungkinan dapat memicu pada serangan jantung.

Nah itulah bahaya memiliki kolesterol tinggi yang harus kita waspadai.

Kita kembali ke pembahasan sebelumnya, mengenai Apa Penyebab Kolesterol Naik Saat Puasa” ? Ini dia penyebabnya.

  • Tidak menjaga pola makan
  • Tidak menjaga pola makan sehat selama bulan puasa. Setelah menahan lapar dan haus sepanjang hari, banyak orang merasa kalap ketika waktunya sahur atau berbuka puasa tiba
  • Sindrom metabolik
  • Saat perut kosong saat puasa lalu di pas buka puasa perut di isi oleh makanan manis dan makanan kurang sehat lainnya yang dapat beberapa faktor menyebabkan gula darah tinggi, tekanan darah naik dan kadar trigleserida juga ikutan naik.
  • Kekurangan taurin
  • Tubuh manusia saat melakukan ibadah puasa, otomatis tidak makan dan minum seharian, hal ini tubuh menjadi kekurangan taurin karena saat sahur kita makananya tidak mengandung banyak taurin.
  • Taurin pada tubuh sangat di butuhkan sekali oleh tubuh untuk menjaga dan mengontrol kadar kolesterol di darah, jika kekurangan akan lebih sulit untuk mengontrolnya.

Nah itulah beberapa penyebab tingginya kolesterol saat puasa yang Wajib Anda ketahui, agar dapat memperbaiki pola makan yang sehat. Mungkin hanya itu yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga bisa bermanfat dan  bisa memberikan solusi yang tepat dalam mengatasi kolesterol timhimya 🙂

Baca Juga : Tanaman Obat Kolesterol Terbaik

Ko Bisa Kolesterol Naik Saat Puasa

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *