Buah Nangka Bisa Turunkan Kolesterol

Buah Nangka Bisa Turunkan Kolesterol  – Nangka adalah buah tropis unik yang telah meningkat popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir. Ini memiliki rasa manis yang khas dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan. Ini juga sangat bergizi dan mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Artikel ini akan membahas kelebihan menambahkan nangka untuk diet Anda.
Apa itu Nangka?

Nangka adalah buah eksotis yang tumbuh di daerah tropis di dunia. Ini berasal dari India Selatan.

Ini adalah bagian dari keluarga tanaman Moraceae, yang juga termasuk buah ara, mulberry dan sukun. Nangka memiliki kulit luar yang runcing dan berwarna hijau atau kuning. Satu aspek unik dari nangka adalah ukurannya yang luar biasa besar. Ini adalah buah pohon terbesar di dunia dan dapat mencapai berat hingga 80 pon (35 kg).

Nangka memiliki rasa manis dan buah yang halus. Telah dikatakan rasanya mirip dengan kombinasi buah-buahan, termasuk apel, nanas, mangga dan pisang. Vegan dan vegetarian sering menggunakan buah ini sebagai pengganti daging karena teksturnya, yang sebanding dengan daging parut.

Karena nangka mampu bertahan di iklim tropis, nangka dapat menjadi sumber utama kalori dan karbohidrat bagi orang-orang di negara berkembang yang berisiko kelaparan

Meskipun nangka ditanam di daerah tropis, itu menjadi lebih banyak tersedia di bagian lain dunia, termasuk AS. Ini di musim selama musim panas.

Bagian yang paling umum dikonsumsi nangka adalah daging, atau buah polong, yang dapat dimakan baik saat matang dan belum matang. Ini dapat digunakan dalam hidangan manis dan gurih, termasuk makanan penutup dan kari. Bijinya juga aman untuk dimakan.

Ringkasan Buah nangka adalah buah tropis eksotis dengan rasa manis halus yang dikonsumsi di banyak bagian dunia. Itu bisa dimakan dalam berbagai cara.

Nangka Dikemas Dengan Nutrisi

Nangka memiliki profil nutrisi yang mengesankan.

Ini mengandung jumlah kalori yang moderat, menyediakan 155 dalam porsi satu cangkir (165 gram). Sekitar 92% dari kalori berasal dari karbohidrat, sedangkan sisanya berasal dari protein dan sejumlah kecil lemak

Selanjutnya, nangka mengandung sebagian dari hampir semua vitamin dan mineral yang Anda butuhkan, serta jumlah serat yang layak.

Satu cangkir buah yang diiris memberikan nutrisi berikut

Kalori: 155
Karbohidrat: 40 gram
Serat: 3 gram
Protein: 3 gram
Vitamin A: 10% dari RDI
Vitamin C: 18% dari RDI
Riboflavin: 11% dari RDI
Magnesium: 15% dari RDI
Kalium: 14% dari RDI
Tembaga: 15% dari RDI
Mangan: 16% dari RDI

Apa yang membuat nangka unik dari buah lain adalah kandungan proteinnya . Ini menyediakan lebih dari 3 gram protein per cangkir, dibandingkan dengan 0-1 gram dalam jenis buah lain yang serupa, seperti apel dan mangga.

Nangka juga kaya akan beberapa jenis antioksidan, yang kemungkinan besar bertanggung jawab untuk sebagian besar manfaat kesehatannya.

Ringkasan Buah nangka cukup sehat. Ini menyediakan jumlah kalori yang moderat selain banyak serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Ini Semoga Manfaat Kontrol Gula Darah

Nangka memiliki beberapa sifat yang dapat membantu manajemen gula darah.

Ini memiliki indeks glikemik yang cukup rendah (GI), yang merupakan ukuran seberapa cepat gula darah Anda naik setelah makan makanan. Ini telah dikaitkan dengan serat yang diberikannya, yang memperlambat pencernaan dan membantu mencegah lonjakan gula darah.

Makanan yang mengandung banyak makanan rendah GI telah terbukti bermanfaat untuk meningkatkan kontrol gula darah.

Selain itu, nangka menyediakan beberapa protein, yang dapat membantu mencegah kadar gula darah meningkat terlalu cepat setelah makan.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mengkonsumsi ekstrak nangka ditemukan memiliki peningkatan kadar gula darah secara signifikan.

Selain itu, sebuah studi pada tikus diabetes menemukan bahwa ekstrak daun nangka membantu mengurangi kadar gula darah puasa dan memberikan kontrol gula darah jangka panjang.

Efek ini dikaitkan dengan kandungan nangka dari antioksidan flavonoid, yang dikenal karena kemampuan mereka untuk mempromosikan kadar gula darah yang seimbang.

Meskipun hasil dari penelitian ini cukup menjanjikan, lebih banyak studi tentang orang yang makan nangka segar diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat potensial ini.

Ringkasan Nangka memiliki indeks glikemik rendah dan menyediakan beberapa serat, protein dan antioksidan, yang semuanya dapat meningkatkan kontrol gula darah yang lebih baik.

Ini Dapat Melindungi Terhadap Penyakit

Buah nangka tinggi dalam beberapa antioksidan kuat yang memberikan berbagai manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko beberapa penyakit.

Antioksidan melindungi sel-sel Anda dari stres oksidatif dan peradangan , yang sering hasil dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul yang disebut radikal bebas.

Berikut ini ikhtisar antioksidan yang paling banyak terdapat pada nangka:

Vitamin C: Buah nangka mengandung vitamin C dalam jumlah banyak, yang dapat membantu mencegah peradangan yang dapat menyebabkan penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.
Karotenoid: Karotenoid telah terbukti membantu menurunkan peradangan dan mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.
Flavanones: Flavanones mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah dan kadar kolesterol – faktor penting dalam mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan penyakit jantung.

Ringkasan Buah nangka mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mencegah perkembangan beberapa penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan diabetes.

Manfaat Kesehatan Potensi Lainnya

Nangka konon memiliki beberapa manfaat kesehatan lain yang belum diteliti secara khusus.

Kesehatan kekebalan: Kandungan nangka dari vitamin peningkat kekebalan tubuh A dan C dapat membantu mencegah penyakit. Makan buah ini juga diklaim bermanfaat untuk mengurangi risiko infeksi virus.
Mencegah masalah kulit: Buah ini menyediakan beberapa nutrisi dan antioksidan, seperti vitamin C , yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Ada bukti anekdot bahwa memakannya dapat memperlambat penuaan kulit Anda.
Kesehatan jantung: Nangka mungkin memiliki potensi untuk mengurangi risiko penyakit jantung karena kandungan potassium, serat dan antioksidan.

Selanjutnya, akar dan ekstrak telah digunakan dalam pengobatan tradisional India dan Sri Lanka untuk mengobati beberapa kondisi, termasuk asma, diare dan sakit maag, tetapi efek ini tidak pernah terbukti secara ilmiah.

Meskipun manfaat yang dilaporkan ini tidak didukung oleh bukti ilmiah, termasuk nangka dalam diet Anda tentu patut dicoba jika Anda ingin meningkatkan kesehatan Anda.

Baca Juga : Obat Kolesterol Terbaik

Buah Nangka Bisa Turunkan Kolesterol

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *